(0293) 326945 | 1301 [email protected]

informasi
VISI
||
MISI
||
DOSEN
||
LULUSAN
||
MATAKULIAH
PGSD

PENGAJAR

Dosen Profesional sesuai Bidangnya

Program Studi PGSD didukung oleh tenaga pendidik profesional dan berkompeten yang memiliki keahlian mendalam dalam disiplin ilmu pendidikan dasar. Dosen kami berkomitmen tinggi untuk menyelenggarakan proses pembelajaran yang efektif dan relevan, membekali mahasiswa dengan pengetahuan teoretis dan keterampilan praktis terkini. Melalui pendekatan pedagogis yang inovatif, para dosen PGSD berperan sentral dalam menghasilkan calon guru SD yang berkualitas, berintegritas, dan siap mengemban tugas profesional di dunia pendidikan

Ari Suryawan, M.Pd

Dosen

Putri Meinita Triana, M.Pd

Dosem

Dr. Dhuta Sukmarani, S.Si., M.Si

Dosen

VISI

Menjadi Program Studi PGSD yang Unggul dan Islami dalam mengembangkan pembelajaran berbasis Multiple Intelligence

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan serta pengajaran yang profesional dan bermutu

  2. Melaksanakan penelitian yang berorientasi pada pengembangan pembelajaran berbasis Multiple Intelligence di bidang pendidikan dasar

  3. Melaksanakan pengabdian yang mampu menyelesaikan permasalahan pendidikan di masyarakat

  4. Menjalin kerjasama kemitraan untuk melaksanakan Catur Dharma di bidang pendidikan dasar
i

Pedoman Visi Misi

i

Pedoman Penyusunan Visi dan Misi

Klik disini

Laporan

Laporan Penyusunan Visi Keilmuan

Klik disini
k

Team Task Force

k

SK Team Task Force

Klik disini

Survey Pemahaman Visi 2022

Laporan survei kepahaman visi keilmuan 2022

Klik disini

Survey Pemahaman Visi 2024

Laporan survei kepahaman visi keilmuan 2024

Klik disini
k

Penetapan Visi Misi

k

SK Penetapan Visi Misi FKIP dan PGSD

Klik disini

Artikel di jurnal nasional ber-ISSN

FKIP UNIMMA mencatat peningkatan publikasi di jurnal nasional ber-ISSN, dari 6 artikel pada 2022–2023 dan 2023–2024, menjadi 14 artikel pada 2024–2025. Capaian ini menunjukkan konsistensi dan komitmen dosen dalam menghasilkan karya ilmiah berkualitas di tingkat nasional.

Artikel di jurnal nasional terakreditasi Kemdikbud/Ristek-BRIN

Dalam tiga tahun terakhir, UNIMMA berhasil menerbitkan 244 artikel di jurnal nasional terakreditasi Kemdikbud/Ristek-BRIN, dengan rincian 64 artikel pada 2022–2023, 54 artikel pada 2023–2024, dan melonjak menjadi 126 artikel pada 2024–2025. Angka ini menegaskan peningkatan produktivitas dan kualitas riset dosen UNIMMA secara konsisten.

Artikel di Jurnal Internasional

FKIP UNIMMA mulai menunjukkan kiprahnya di tingkat global melalui publikasi di jurnal internasional. Tercatat 1 artikel dipublikasikan pada 2023–2024, dan meningkat menjadi 5 artikel pada 2024–2025. Hal ini menjadi langkah awal yang positif dalam mendorong internasionalisasi riset dosen

Artikel di Jurnal Internasional Bereputasi

Pada periode 2022-2023 hingga 2024-2025, jumlah artikel yang dipublikasikan di jurnal internasional bereputasi oleh FKIP UNIMMA mengalami peningkatan. Pada tahun 2022-2023 dan 2023-2024, tercatat masing-masing 1 artikel, kemudian meningkat signifikan menjadi 4 artikel pada tahun 2024-2025. Hal ini menunjukkan kemajuan yang positif dalam kualitas dan pengakuan riset di tingkat internasional bereputasi

Artikel dalam Prosiding Seminar Nasional

Jumlah artikel yang dipresentasikan dalam prosiding seminar nasional di FKIP UNIMMA menunjukkan fluktuasi selama periode 2022-2023 hingga 2024-2025. Terjadi peningkatan dari 48 artikel pada 2022-2023 menjadi 65 artikel pada 2023-2024, namun menurun menjadi 26 artikel pada 2024-2025. Perubahan ini bisa mencerminkan pergeseran fokus dalam strategi publikasi atau dinamika partisipasi seminar

Artikel dalam Prosiding Seminar Nasional

Jumlah artikel yang dipresentasikan dalam prosiding seminar nasional di FKIP UNIMMA menunjukkan fluktuasi selama periode 2022-2023 hingga 2024-2025. Terjadi peningkatan dari 48 artikel pada 2022-2023 menjadi 65 artikel pada 2023-2024, namun menurun menjadi 26 artikel pada 2024-2025. Perubahan ini bisa mencerminkan pergeseran fokus dalam strategi publikasi atau dinamika partisipasi seminar

Bahasa dan Sastra

Sebanyak 9% dari total penelitian berfokus pada topik Bahasa dan Sastra. Ini menunjukkan perhatian yang cukup terhadap kajian linguistik dan kesusastraan dalam konteks pendidikan.

Kemampuan Abad 21

Topik mengenai Kemampuan Abad 21 mencakup 9% dari keseluruhan penelitian. Hal ini mencerminkan kepedulian terhadap pengembangan kompetensi esensial seperti kreativitas, kolaborasi, dan literasi digital.

Psikologi dan Bimbingan

Topik Psikologi dan Bimbingan mencakup 15% dari keseluruhan penelitian. Ini mencerminkan pentingnya perhatian terhadap kesehatan mental, perkembangan sosial-emosional, dan layanan bimbingan dalam dunia pendidikan.

Pembelajaran Berbasis MI

Sebanyak 29% penelitian mengangkat tema Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Ini menandakan komitmen terhadap penerapan pendekatan pembelajaran yang menghargai keberagaman potensi siswa.

Manajemen Kurikulum

Topik Manajemen Kurikulum menjadi yang paling dominan, mencakup 38% dari seluruh penelitian. Angka ini menunjukkan fokus utama pada aspek perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan.

Profil Lulusan



Pendidik

Pendidik pada jenjang sekolah dasar yang mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan pembelajaran berdasar keilmuan, karakter, dan inovasi untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memiliki sikap-sikap sebagai pendidik yang baik dan bertanggung jawab



Peneliti Pemula

Peneliti pemula yang mampu memecahkan permasalahan pendidikan serta mampu menghasilkan inovasi yang teruji untuk peningkatan mutu pendidikan di sekolah dasar



Edupreneur

Edupreneur yang mampu mengembangkan usaha mandiri melalui inovasi pembelajaran di bidang pendidikan

Data PGSD

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) saat ini memiliki total 525 mahasiswa aktif. Capaian akademik mahasiswa ditunjukkan melalui rata-rata Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) lulusan sebesar 3,5, yang mencerminkan mutu akademik yang baik dan konsisten. Dari sisi sumber daya manusia, sebanyak 80% dosen telah memiliki sertifikat pendidik, sebagai bentuk pemenuhan standar kompetensi pendidik di pendidikan tinggi. Adapun rata-rata masa studi mahasiswa adalah 3,8 tahun, menunjukkan efektivitas penyelenggaraan proses pendidikan dan pembelajaran di lingkungan program studi

0

Jumlah mahasiswa PGSD

0%

Persentase Dosen yang memiliki Sertifikat Pendidik

0

Rata-rata IPK lulusan

0tahun

Rata-rata masa studi

imac-front

Distribusi Matakuliah

Sebagai bagian dari pendekatan holistik, Program Studi PGSD mengintegrasikan prinsip Multiple Intelligences (MI) dalam kurikulum untuk mengakomodasi keberagaman potensi dan gaya belajar mahasiswa. Melalui pendekatan ini, mahasiswa dibekali keterampilan merancang pembelajaran yang adaptif dan inklusif, sehingga mampu menjadi pendidik yang responsif terhadap kebutuhan peserta didik di sekolah dasar.