informasiVISI||MISI||DOSEN||LULUSAN||MATAKULIAHPGSD
PENGAJAR
Dosen Profesional sesuai Bidangnya
Program Studi PGSD didukung oleh tenaga pendidik profesional dan berkompeten yang memiliki keahlian mendalam dalam disiplin ilmu pendidikan dasar. Dosen kami berkomitmen tinggi untuk menyelenggarakan proses pembelajaran yang efektif dan relevan, membekali mahasiswa dengan pengetahuan teoretis dan keterampilan praktis terkini. Melalui pendekatan pedagogis yang inovatif, para dosen PGSD berperan sentral dalam menghasilkan calon guru SD yang berkualitas, berintegritas, dan siap mengemban tugas profesional di dunia pendidikan
VISI
Menjadi Program Studi PGSD yang Unggul dan Islami dalam mengembangkan pembelajaran berbasis Multiple Intelligence
MISI
- Menyelenggarakan pendidikan serta pengajaran yang profesional dan bermutu
- Melaksanakan penelitian yang berorientasi pada pengembangan pembelajaran berbasis Multiple Intelligence di bidang pendidikan dasar
- Melaksanakan pengabdian yang mampu menyelesaikan permasalahan pendidikan di masyarakat
- Menjalin kerjasama kemitraan untuk melaksanakan Catur Dharma di bidang pendidikan dasar
Pedoman Visi Misi
Pedoman Penyusunan Visi dan Misi
Laporan
Laporan Penyusunan Visi Keilmuan
Team Task Force
SK Team Task Force
Survey Pemahaman Visi 2022
Laporan survei kepahaman visi keilmuan 2022
Survey Pemahaman Visi 2024
Laporan survei kepahaman visi keilmuan 2024
Penetapan Visi Misi
SK Penetapan Visi Misi FKIP dan PGSD

Artikel di jurnal nasional ber-ISSN
FKIP UNIMMA mencatat peningkatan publikasi di jurnal nasional ber-ISSN, dari 6 artikel pada 2022–2023 dan 2023–2024, menjadi 14 artikel pada 2024–2025. Capaian ini menunjukkan konsistensi dan komitmen dosen dalam menghasilkan karya ilmiah berkualitas di tingkat nasional.
Artikel di jurnal nasional terakreditasi Kemdikbud/Ristek-BRIN
Dalam tiga tahun terakhir, UNIMMA berhasil menerbitkan 244 artikel di jurnal nasional terakreditasi Kemdikbud/Ristek-BRIN, dengan rincian 64 artikel pada 2022–2023, 54 artikel pada 2023–2024, dan melonjak menjadi 126 artikel pada 2024–2025. Angka ini menegaskan peningkatan produktivitas dan kualitas riset dosen UNIMMA secara konsisten.
Artikel di Jurnal Internasional
FKIP UNIMMA mulai menunjukkan kiprahnya di tingkat global melalui publikasi di jurnal internasional. Tercatat 1 artikel dipublikasikan pada 2023–2024, dan meningkat menjadi 5 artikel pada 2024–2025. Hal ini menjadi langkah awal yang positif dalam mendorong internasionalisasi riset dosen
Artikel di Jurnal Internasional Bereputasi
Pada periode 2022-2023 hingga 2024-2025, jumlah artikel yang dipublikasikan di jurnal internasional bereputasi oleh FKIP UNIMMA mengalami peningkatan. Pada tahun 2022-2023 dan 2023-2024, tercatat masing-masing 1 artikel, kemudian meningkat signifikan menjadi 4 artikel pada tahun 2024-2025. Hal ini menunjukkan kemajuan yang positif dalam kualitas dan pengakuan riset di tingkat internasional bereputasi
Artikel dalam Prosiding Seminar Nasional
Jumlah artikel yang dipresentasikan dalam prosiding seminar nasional di FKIP UNIMMA menunjukkan fluktuasi selama periode 2022-2023 hingga 2024-2025. Terjadi peningkatan dari 48 artikel pada 2022-2023 menjadi 65 artikel pada 2023-2024, namun menurun menjadi 26 artikel pada 2024-2025. Perubahan ini bisa mencerminkan pergeseran fokus dalam strategi publikasi atau dinamika partisipasi seminar
Artikel dalam Prosiding Seminar Nasional
Jumlah artikel yang dipresentasikan dalam prosiding seminar nasional di FKIP UNIMMA menunjukkan fluktuasi selama periode 2022-2023 hingga 2024-2025. Terjadi peningkatan dari 48 artikel pada 2022-2023 menjadi 65 artikel pada 2023-2024, namun menurun menjadi 26 artikel pada 2024-2025. Perubahan ini bisa mencerminkan pergeseran fokus dalam strategi publikasi atau dinamika partisipasi seminar

Bahasa dan Sastra
Sebanyak 9% dari total penelitian berfokus pada topik Bahasa dan Sastra. Ini menunjukkan perhatian yang cukup terhadap kajian linguistik dan kesusastraan dalam konteks pendidikan.
Kemampuan Abad 21
Topik mengenai Kemampuan Abad 21 mencakup 9% dari keseluruhan penelitian. Hal ini mencerminkan kepedulian terhadap pengembangan kompetensi esensial seperti kreativitas, kolaborasi, dan literasi digital.
Psikologi dan Bimbingan
Topik Psikologi dan Bimbingan mencakup 15% dari keseluruhan penelitian. Ini mencerminkan pentingnya perhatian terhadap kesehatan mental, perkembangan sosial-emosional, dan layanan bimbingan dalam dunia pendidikan.
Pembelajaran Berbasis MI
Sebanyak 29% penelitian mengangkat tema Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Ini menandakan komitmen terhadap penerapan pendekatan pembelajaran yang menghargai keberagaman potensi siswa.
Manajemen Kurikulum
Topik Manajemen Kurikulum menjadi yang paling dominan, mencakup 38% dari seluruh penelitian. Angka ini menunjukkan fokus utama pada aspek perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan.



Profil Lulusan
Pendidik
Pendidik pada jenjang sekolah dasar yang mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan pembelajaran berdasar keilmuan, karakter, dan inovasi untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memiliki sikap-sikap sebagai pendidik yang baik dan bertanggung jawab
Peneliti Pemula
Peneliti pemula yang mampu memecahkan permasalahan pendidikan serta mampu menghasilkan inovasi yang teruji untuk peningkatan mutu pendidikan di sekolah dasar
Edupreneur
Edupreneur yang mampu mengembangkan usaha mandiri melalui inovasi pembelajaran di bidang pendidikan
Data PGSD
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) saat ini memiliki total 525 mahasiswa aktif. Capaian akademik mahasiswa ditunjukkan melalui rata-rata Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) lulusan sebesar 3,5, yang mencerminkan mutu akademik yang baik dan konsisten. Dari sisi sumber daya manusia, sebanyak 80% dosen telah memiliki sertifikat pendidik, sebagai bentuk pemenuhan standar kompetensi pendidik di pendidikan tinggi. Adapun rata-rata masa studi mahasiswa adalah 3,8 tahun, menunjukkan efektivitas penyelenggaraan proses pendidikan dan pembelajaran di lingkungan program studi
Jumlah mahasiswa PGSD
Persentase Dosen yang memiliki Sertifikat Pendidik
Rata-rata IPK lulusan
Rata-rata masa studi









Distribusi Matakuliah
Sebagai bagian dari pendekatan holistik, Program Studi PGSD mengintegrasikan prinsip Multiple Intelligences (MI) dalam kurikulum untuk mengakomodasi keberagaman potensi dan gaya belajar mahasiswa. Melalui pendekatan ini, mahasiswa dibekali keterampilan merancang pembelajaran yang adaptif dan inklusif, sehingga mampu menjadi pendidik yang responsif terhadap kebutuhan peserta didik di sekolah dasar.