(0293) 326945 | 1301 [email protected]

Magelang 21 Agustus 2024, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (BEM FKIP) Universitas Muhammadiyah Magelang mengadakan Musyawarah Mahasiswa yang diwakili oleh seluruh jajaran Organisasi Mahasiswa (ORMAWA) FKIP, untuk menentukan kebijakan pada periode BEM FKIP UNIMMA yang akan datang, kegiatan Musyawarah Mahasiswa (MUSMA) ini diadakan untuk menjadikan patokan bagaimana organisasi berjalan sesuai dengan tatanan yang berlaku.

MUSMA ORMAWA FKIP berlangsung di ruang A8 Universitas Muhammadiyah Magelang yang dihadiri oleh 38 pengurus BEM FKIP periode 2023/2024, 40 pengurus BEM FKIP periode 2024/2025, perwakilan Ormawa FKIP yang terdiri dari Himpunan Mahasiswa Bimbingan Konseling (HIMA BK), Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (HMJ PG-PAUD), Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (HMJ PGSD), Dekan FKIP dan 2 orang alumni pengurus BEM FKIP yang hadir sebagai peninjau jalannya musyawarah. Acara diawali dengan sambutan dari ketua panitia yakni Bayu Putra Kurniawan memaparkan “Musyawarah ORMAWA FKIP ini menjadi akhir dari rangkaian Parade Demokrasi yang diselenggarakan untuk melanjutkan estafet kepemimpinan baru BEM FKIP”. Kegiatan ini diharapkan menjadi awal kepemimpinan yang lebih baik, selaras dengan pernyataan Laya Syafura selaku Gubernur BEM FKIP 2023-2024 j “Harapan kami, teman-teman pengurus BEM FKIP 2024-2025 dapat melanjutkan era kepemimpinan kami dengan melanjutkan sisi postif kepemimpinan kami dan meninggalkan sisi negatif di era kepemimpinan kami”. Presiden Mahasiswa UNIMMA juga turut menyaksikan kegiatan tersebut. Acara secara resmi dibuka oleh Ari Suryawan, M.Pd. selaku Dekan FKIP dengan sambutannya yang menyatakan bahwa “Secara resmi kegiatan Musyawarah ORMAWA FKIP dinyatakan dibuka dan saya berharap seluruh pengurus baru ORMAWA FKIP dapat berkolaborasi bersama untuk mewujudkan FKIP yang lebih maju dengan kontribusi mahasiswa aktifnya”.

Sebelum MUSMA ORMAWA dimulai, diadakan pelantikan seluruh anggota BEM FKIP periode 2024/2025 oleh Dekan FKIP yang dilanjutkan dengan serah terima jabatan oleh Gubernur BEM periode 2023/2024 kepada Gubernur BEM periode 2024/2025. Disusul dengan pelantikan  pengurus Himpunan Mahasiswa seluruh program studi yang ada di FKIP oleh Dekan FKIP.

MUSMA  ORMAWA diawali dengan sidang pembahasan tata tertib kegiatan yang dipimpin oleh 3 presidium siding sementara. Berikutnya dilaksanakan 3 sidang yang dipimpin oleh 3 presidium sidang tetap yang membahas Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) BEM FKIP. AD/ART merupakan dokumen yang menjadi landasan hukum dan pedoman operasional untuk kegiatan organisasi. Sidang berikutnya membahas tentang Mekanisme Kerja Organisasi (MKO) yang membahas tentang struktur kepengurusan, tugas dna wewenang setiap jabatan, atribut organisasi, dan lain sebagainya. Sidang terakhir membahas tentang Garis Besar Haluan Kerja (GBHK) yang berisi tentang kerangka program dan juga tugas dari masing-masing departemen yang ada di dalam BEM FKIP UNIMMA 2024/2025 mendatang.

Kegiatan selanjutnya diisi oleh Laporan Pertanggungjawaban satu periode BEM FKIP yang dimulai oleh Badan Pengurus Harian (BPH), Departemen Pengembangan Organisasi, Departemen Hubungan Masyarakat dan Politik (HUMKASPOL), Departemen Keilmuan Bakat Minat (KBM), Departemen Keagamaan, Departemen Media, Kreatif, dan Komunikasi (MEDKOM). Seluruh rangkaian pertanggungjawaban telah diterima oleh seluruh peserta MUSMA ORMAWA tanpa syarat.

Kegiatan diakhiri dengan pembacaan Surat Purna Tugas oleh Gubernur BEM FKIP 2023-2024 yang didampingi oleh pengurus BEM FKIP 2023-2024 yang telah mengakhiri masa jabatannya.